Chandra Konveksi Surabaya

Get Help 24/7

0857-8000-1949

Cara Membuat Pola Baju Gamis Payung: Panduan Langkah demi Langkah

Cara membuat pola baju gamis payung – Membuat pola baju gamis payung yang sempurna tidak harus rumit. Dengan bahan dan peralatan yang tepat, serta teknik mengukur dan menggambar yang akurat, Anda dapat membuat pola yang presisi dan mudah dijahit.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui setiap langkah membuat pola baju gamis payung, mulai dari mengukur tubuh hingga menyelesaikan pola yang sesuai dengan ukuran Anda.

Bahan dan Peralatan

Untuk membuat pola baju gamis payung, siapkan bahan dan peralatan berikut:

Bahan

  • Kertas pola atau kertas koran bekas
  • Pensil atau pulpen
  • Penggaris atau meteran
  • Kapur atau sabun jahit

Peralatan

  • Mesin jahit atau tangan
  • Jarum jahit
  • Benang jahit
  • Setrika dan papan setrika

Mengukur Tubuh: Cara Membuat Pola Baju Gamis Payung

Mengukur tubuh dengan akurat sangat penting untuk membuat pola baju gamis payung yang pas. Berikut langkah-langkah mengukur tubuh yang perlu dilakukan:

Lingkar Dada

  • Lingkarkan pita pengukur di sekitar bagian tubuh yang paling menonjol dari dada.
  • Pastikan pita pengukur sejajar dengan lantai dan tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Lingkar Pinggang

  • Lingkarkan pita pengukur di sekitar bagian pinggang yang paling ramping.
  • Pastikan pita pengukur sejajar dengan lantai dan cukup kencang untuk tetap di tempatnya tanpa mencekik.

Lingkar Pinggul

  • Lingkarkan pita pengukur di sekitar bagian pinggul yang paling lebar.
  • Pastikan pita pengukur sejajar dengan lantai dan tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Panjang Badan

  • Ukur dari pangkal leher (tulang selangka) hingga bagian pinggul yang paling menonjol.
  • Pastikan tubuh dalam posisi tegak dan pita pengukur lurus.

Panjang Lengan

  • Ukur dari bahu (tulang acromion) hingga titik yang diinginkan di lengan.
  • Pastikan lengan sedikit ditekuk dan pita pengukur mengikuti lekuk lengan.

Lebar Bahu

  • Ukur dari bahu kiri ke bahu kanan, melalui bagian belakang leher.
  • Pastikan pita pengukur sejajar dengan lantai.

Tinggi Badan

  • Ukur dari titik tertinggi kepala (vertex) hingga tumit.
  • Pastikan tubuh dalam posisi tegak dan pita pengukur lurus.

Membuat Pola Dasar

Pola dasar adalah fondasi penting dalam membuat baju gamis payung. Ini berfungsi sebagai kerangka kerja untuk mengembangkan berbagai ukuran dan gaya. Menggambar pola dasar membutuhkan keterampilan dan ketelitian, tetapi dengan teknik yang tepat, Anda dapat membuat pola dasar yang akurat dan dapat diandalkan.

Membuat pola baju gamis payung memerlukan ketelitian dalam mengukur dan menggambar. Salah satu cara mudah mendapatkan pola yang akurat adalah dengan menggunakan pola gamis yang sudah jadi. Pola-pola ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan model, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah mendapatkan pola, Anda tinggal menjiplaknya pada kain dan memotongnya sesuai pola tersebut. Dengan begitu, Anda bisa membuat baju gamis payung dengan hasil yang rapi dan sesuai keinginan.

Menggambar Pola Dasar

Untuk menggambar pola dasar baju gamis payung, Anda memerlukan kertas pola, penggaris, pensil, dan penghapus. Mulailah dengan mengukur dan menandai titik tengah kertas pola. Dari titik ini, gambarlah garis vertikal untuk mewakili garis tengah depan dan belakang. Bagi garis tengah depan dan belakang menjadi beberapa segmen untuk menunjukkan titik bahu, pinggang, pinggul, dan lutut.

Dalam membuat pola baju gamis payung, pertama-tama buat garis lengkung pada kertas pola untuk bagian badan dan rok. Untuk rok, gambar garis lengkung yang lebih lebar agar menghasilkan efek payung yang indah. Jika kesulitan membuat pola sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa konveksi murah surabaya yang berpengalaman.

Mereka akan membantu Anda membuat pola yang sesuai dengan ukuran dan keinginan Anda. Setelah pola selesai, langkah selanjutnya adalah memotong kain dan menjahitnya sesuai pola.

Dari titik bahu, gambarlah garis horizontal untuk mewakili lebar bahu. Dari titik pinggang, gambarlah garis horizontal untuk mewakili lebar pinggang. Dari titik pinggul, gambarlah garis horizontal untuk mewakili lebar pinggul. Hubungkan titik-titik ini dengan garis lengkung untuk membentuk garis leher, garis bahu, garis pinggang, dan garis pinggul.

Untuk menggambar garis lengan, bagi garis bahu menjadi tiga bagian yang sama. Dari titik bagian kedua, gambarlah garis lengkung ke titik tengah garis pinggang. Ini akan membentuk garis lengan depan. Untuk garis lengan belakang, bagi garis bahu menjadi dua bagian yang sama. Dari titik bagian kedua, gambarlah garis lengkung ke titik tengah garis pinggang.

Setelah menyelesaikan garis-garis dasar, Anda dapat menambahkan detail seperti kantong, kerutan, atau detail lainnya. Selalu periksa kembali ukuran dan proporsi Anda untuk memastikan keakuratan.

Contoh Pola Dasar

Pola dasar baju gamis payung biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Bagian depan: Termasuk garis tengah depan, garis leher, garis bahu, garis pinggang, garis pinggul, dan garis lengan depan.
  • Bagian belakang: Termasuk garis tengah belakang, garis leher, garis bahu, garis pinggang, garis pinggul, dan garis lengan belakang.
  • Bagian lengan: Termasuk garis lengan, garis ketiak, dan garis manset.
  • Bagian kerah: Tergantung pada desain kerah yang diinginkan.

Menambahkan Lebar Rok

Untuk menciptakan rok yang lebih lebar dan bervolume, kamu perlu menambahkan lebar ke pola dasar. Lebar yang ditambahkan dapat bervariasi tergantung pada seberapa lebar rok yang diinginkan.

Berikut cara menambahkan lebar rok pada pola dasar:

Menentukan Lebar Rok

Tentukan lebar rok yang diinginkan. Ukur lingkar pinggulmu dan tambahkan beberapa sentimeter untuk kelonggaran jahitan dan gerakan.

Membagi Lebar Rok

Bagi lebar rok yang diinginkan menjadi dua bagian yang sama. Ini akan menjadi lebar setengah rok.

Menggambar Garis Baru

Pada pola dasar rok, gambar garis vertikal dari bagian bawah pola ke atas, sejajar dengan garis tengah depan dan tengah belakang. Ini akan menjadi garis baru.

Memperpanjang Garis Pinggang, Cara membuat pola baju gamis payung

Perpanjang garis pinggang pada pola dasar sejauh setengah lebar rok di kedua sisi garis tengah depan dan tengah belakang.

Menggambar Garis Samping Baru

Dari titik-titik yang baru saja diperpanjang pada garis pinggang, gambar garis ke bawah yang sejajar dengan garis baru. Ini akan menjadi garis samping baru.

Memperpanjang Garis Bawah

Perpanjang garis bawah pola dasar sejauh lebar rok di kedua sisi garis tengah depan dan tengah belakang.

Menyelesaikan Pola

Setelah semua bagian pola selesai digambar, langkah selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi satu pola lengkap. Ini memastikan bahwa pola akurat dan mudah dijahit.

Mencocokkan Garis Pola

Untuk menggabungkan bagian-bagian pola, cocokkan garis-garis yang ditandai dengan simbol yang sama. Simbol-simbol ini biasanya berupa takik, lubang, atau garis putus-putus. Pastikan garis-garis tersebut sejajar dan saling tumpang tindih dengan benar.

Menciptakan pola baju gamis payung yang anggun dimulai dengan memahami garis-garis dasar, kemudian menggambar bentuk yang melebar ke bawah seperti payung. Sama halnya saat membuat pola kemeja , akurasi dan kesabaran sangat penting. Dengan membayangkan kain mengalir elegan di atas pola dasar yang kokoh, kita dapat dengan mudah menggambar lengkungan dan garis yang akan membentuk baju gamis yang memukau.

Menjahit Bagian-bagian Pola

Setelah bagian-bagian pola disatukan, jahitlah dengan jahitan lurus. Gunakan benang yang sesuai dengan jenis kain yang digunakan. Mulailah menjahit dari titik awal yang ditandai pada pola dan ikuti garis jahitan yang telah digambar.

Memeriksa Pola

Setelah pola selesai dijahit, periksa kembali untuk memastikan bahwa semua bagian sudah terpasang dengan benar. Ukur panjang dan lebar pola untuk memastikan bahwa pola sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Membuat pola baju gamis payung membutuhkan ketelitian, namun hasilnya yang anggun sangat sepadan. Untuk memperkaya inspirasi, menjelajahi pola dress wanita lainnya dapat memberikan wawasan tentang berbagai potongan dan garis leher. Kembali ke pola gamis payung, mulailah dengan mengukur lingkar dada dan panjang yang diinginkan, lalu bagi menjadi empat bagian untuk membentuk potongan depan dan belakang.

Menyatukan potongan-potongan ini dengan jahitan sisi dan jahitan tengah belakang akan menghasilkan gaun yang menjuntai dengan anggun.

Menyempurnakan Pola

Jika pola tidak sesuai dengan sempurna, lakukan penyesuaian yang diperlukan. Misalnya, jika pola terlalu longgar, jahit jahitan yang lebih sempit. Jika pola terlalu ketat, potong kelebihan kain di sepanjang jahitan.

Membuat Tabel Perbandingan Ukuran

Cara membuat pola baju gamis payung

Tabel perbandingan ukuran sangat penting untuk menyesuaikan pola dengan ukuran tubuh yang diinginkan. Tabel ini berisi daftar ukuran tubuh dan ukuran pola yang sesuai, memungkinkan penyesuaian yang tepat untuk berbagai ukuran.

Untuk menggunakan tabel, pertama-tama tentukan ukuran tubuh Anda dengan mengukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul. Bandingkan ukuran tubuh Anda dengan ukuran yang tercantum dalam tabel untuk menentukan ukuran pola yang paling sesuai.

Menyesuaikan Pola

Setelah menentukan ukuran pola yang tepat, Anda dapat menyesuaikan pola sesuai ukuran tubuh Anda. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi margin jahitan, atau dengan menggambar ulang pola sesuai ukuran yang diinginkan.

  • Menambahkan Margin Jahitan: Jika Anda ingin membuat pakaian yang sedikit lebih longgar, Anda dapat menambahkan margin jahitan yang lebih besar.
  • Mengurangi Margin Jahitan: Jika Anda ingin membuat pakaian yang lebih pas, Anda dapat mengurangi margin jahitan.
  • Menggambar Ulang Pola: Jika Anda perlu membuat penyesuaian yang lebih signifikan, Anda dapat menggambar ulang pola sesuai ukuran yang diinginkan. Untuk melakukan ini, ukur tubuh Anda dan bandingkan dengan ukuran pola. Buat penyesuaian yang diperlukan pada pola, lalu gambar ulang pola pada kertas.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat tabel perbandingan ukuran dan menyesuaikan pola dengan ukuran tubuh yang diinginkan. Hal ini akan memastikan bahwa pakaian yang Anda buat akan pas dan nyaman.

Membuat Ilustrasi Proses

Cara membuat pola baju gamis payung

Langkah-langkah membuat pola baju gamis payung diilustrasikan sebagai berikut:

Menggambar Persegi Panjang Depan

  • Buat persegi panjang dengan panjang sama dengan setengah lingkar dada ditambah 6 cm dan lebar sama dengan panjang baju yang diinginkan.
  • Bagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama besar secara vertikal.

Menggambar Garis Leher Depan

  • Dari titik tengah garis leher bagian atas, turunkan garis sepanjang 1/4 lingkar leher ditambah 1 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.

Menggambar Garis Bahu Depan

  • Dari titik tengah garis leher bagian atas, ukur ke arah bahu sejauh 1/4 lingkar bahu ditambah 1 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.

Menggambar Garis Sisi Depan

  • Dari titik bawah persegi panjang depan, ukur ke atas sejauh 1/6 lingkar pinggul ditambah 6 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik bawah ke titik yang baru digambar.

Menggambar Persegi Panjang Belakang

  • Buat persegi panjang dengan panjang sama dengan setengah lingkar dada ditambah 12 cm dan lebar sama dengan panjang baju yang diinginkan.
  • Bagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama besar secara vertikal.

Menggambar Garis Leher Belakang

  • Dari titik tengah garis leher bagian atas, turunkan garis sepanjang 1/4 lingkar leher ditambah 1 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.

Menggambar Garis Bahu Belakang

  • Dari titik tengah garis leher bagian atas, ukur ke arah bahu sejauh 1/4 lingkar bahu ditambah 2 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.

Menggambar Garis Sisi Belakang

  • Dari titik bawah persegi panjang belakang, ukur ke atas sejauh 1/6 lingkar pinggul ditambah 6 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik bawah ke titik yang baru digambar.

Menyatukan Bagian Depan dan Belakang

  • Tumpuk bagian depan dan belakang secara sejajar.
  • Satukan garis bahu depan dan belakang.
  • Satukan garis sisi depan dan belakang.

Membuat Pola Lengan

  • Buat persegi panjang dengan panjang sama dengan panjang lengan yang diinginkan dan lebar sama dengan 1/4 lingkar lengan ditambah 6 cm.
  • Bagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama besar secara horizontal.
  • Dari titik tengah garis lengan bagian atas, turunkan garis sepanjang 1/4 lingkar ketiak ditambah 2 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.
  • Dari titik tengah garis lengan bagian bawah, naikkan garis sepanjang 1/4 lingkar ketiak ditambah 2 cm.
  • Buat garis lengkung dari titik tengah ke titik ujung garis yang baru digambar.

Terakhir

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan cermat, Anda akan dapat membuat pola baju gamis payung yang pas dan sesuai dengan keinginan Anda. Baik Anda seorang pemula atau penjahit berpengalaman, panduan ini akan membantu Anda menciptakan pakaian yang indah dan menyanjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *